Pages

Ads 468x60px

Minggu, 08 September 2013

Panel dan Fungsinya Pada Photoshop

Ingat , sobat All4Free harus belajar dari dasar dulu ya, karena dasar itu kunci utama keberhasilan. #ngacokah?? . Nah sekarang kita bahas Panel-panel pada photoshop beserta fungsi-fungsinya.
Panel ini berfungsi untuk memonitor dan memodifikasi image . Di dalam panel pada photoshop terdapat beberapa tools baik yang udah ada ataupun yang mau sobat All4Free tambah sendiri . Jika sobat All4Free ingin menambah tools pada panel , tinggal pilih Window pada Menu bar > Centangi tool yang akan ditampilkan pada panel .
Jika ingin menampilkan keseluruhan kotak panel klik Expand Panel
 dan jika ingin menyembunyikan atau mengembalikan seperti semula tinggal pilih Collapse to Icons.

1. Panel Adjustments , digunakan untuk mengatur image secara mudah , yaitu dengan menyambungkan semua tools yang dibutuhkan tanpa merusak image terpilih
2. Panel Brushes , digunakan untuk mengatur tampilan kuas pada brush tool . Ada beberapa bentuk brush yang siap digunakan , tetapi sobat All4Free juga bisa melakukan pengaturan sendiri sesuai keinginan. Sobat All4Free dapat mengatur brush melalui brush present . Pilih pada daftar pilihan yang ada kemudian lakukan pengaturan di sebelah kanannya .
3. Panel Channels , berfungsi untuk mengatur warna image . Pada panel ini akan tampak warna channel yang terdiri dari komponen  dasar image .
4. Panel Color , berfungsi untuk mengatur pada pewarnaan pada kotak warna foreground dan background , Dengan panel ini , anda dapat mengatur warna dengan cara mengubah atau menggeser nilai pada tiap mode warna . 
5. Panel History, berfungsi untuk mencatat setiap langkah yang dilakukan selama sobat All4Free mengedit gambar. Untuk menghapus catatan atau kembali pada kondisi awal gambar , seleksi History kemudian pilih Delete Current State (yang gambar tong sampah) .
6. Panel Layer , berfungsi untuk mengatur layer seperti menghapus, duplikasi , membuat layer baru dan lain sebagainya .
7. Panel Path , berfungsi untuk mengatur objek paths yang telah dibuat . Misal , sobat All4Free membuat objek path dengan mengguanakan Pen tool, maka pada panel paths akan ditampilkan informasi mengenai status path tersebut.
8. Panel Tool Present ,  berisi berbagai macam tool yang siap anda gunakan . Tool pada panel ini telah di seting sedemikian rupa seperti ukuran, mode , warna dan lainnya. Panel ini akan aktif apabila sobat All4free menggunakan salah satu tool pada toolbox
9. Panel styles , berfungsi memberi styles pada image di layer yang sedang aktif. Pilihan style telah disediakan malah sobat all4free bisa download jenis styles dari internet. Kalau ingin membuat style sendiri , nanti pasti kita bahas.
10. Panel Character , berfungsi untuk memformat teks , semisalnya mengganti ukuran dan jenis font.
11. Panel Paragraf , panel ini di sebelah panel Character . Panel paragraf berfungsi untuk melakukan pengaturan paragraf pada teks. Sobat all4free bisa mengatur paragraf rata kiri , tengah , kanan dan pengaturan lainnya.
12. Panel Histogram , berfungsi untuk menginformasikan kerapatan pixel pada sebuah gambar. Semakin rapat grafiknya maka kerapatan pixel semakin tinggi atau sebaliknya.
13. Panel Info , berfungsi untuk memberikan informasi posisi kursor mouse , posisi objek dan mde warna pada gambar . Nilai dan informasi akan berubah-ubah tergantung dimana posisi kursor mouse.
14. Panel Swatches , berfungsi untuk memberikan pilihan warna pada kotak warna Foreground dan Background .Sobat all4free ingin merubah warnanya tinggal pilih dan klik saja warna-warna yang sudah disediakan
15. Panel Clone Source , panel ini memberikan kemudian melakukan dipublikasi dengan clone stamp tool . Sobat all4free juga dapat menduplikasi beberapa image foto sekaligus menggunakan fitur show overlay.
16. Panel Actions berfungsi untuk merekam setiap kegiatan dalam pengelolaan dan pengeditan gambar.

Nah itulah beberapa panel yang ada pada photoshop , nantikan penjelasan dari beberapa panel diatas agar sobat all4free lebih dekat mengenal fungsi panel diatas. Karena pasti setiap panel diatas akan mempermudah kerja pada pengeditan data . Ya , di tunggu saja ya . Jangan lelah untuk belajar dari awal dan dimulai dari dasar.

1 comments:

  1. Terima Kasih mas artikelnya sangat membantu saya untuk belajar photoshop,sukses terus dan ditunggu lagi postingan keren lainnya

    BalasHapus

Berkomentarlah yang positif , jangan saling menjatuhkan karena tidak ada gunanya . Terimakasih telah berkunjung ke blog saya . Jika menurut anda kurang bagus , mohon dimaafkan . Karena saya bukanlah manusia sempurna yang bisa buat suatu hal yang sempurna juga.

Thanks For You

Hady Eka Saputra