Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 21 September 2013

Seminar Uin suska Riau : 21 September 2013 Penting Dibaca

Tadi juga ada semiar jam 8 , tapi hady datangnya pas pertengahan seminar . alnya sabtu itu rupanya gak jadwalnya libur . Alhamdulilah hady udah dapet kelas , dan jadwal kuliah juga sampe sabtu , cuma minggu libur . Nah , ini hady mau berbagi lagi hasil catatan kegiatan seminar yang hady ikuti buat sobat all4free.

Tema : Muda luar biasa , melek dunia paham agama
Oleh : Utd H. Abdul Somad Lc MA

Karena hady datangnya terlambat , jadi hady bagi catatannya yng hady dapat aja ya . Maaf banget lah kalo ada agak gak nyambung. Ada 10 poin dibawah yang hady ketinggalan membahas tentang apaan , udah tanya kawan sebelah gak tau juga , berarti yang datang cuma ngarapin sertifikanya aja dari seminar itu , ilmunya gak di ambil. sungguh terlalu . Ya sudah , hady simpulkan , mingkin 10 poin ini membahas ciri-ciri pemuda yang luar biasa , hahahaha , tau deh . Anggap aja gitu . Nah nih 10 poinnya ya :

sempat jepret 1 gambar
  1. Akidah murni
  2. Ibadah benar
  3. Keteguhan akhlak
    suatu hadits : "tidak ada yang berat ditimbangan amal daripada akhlak" ( HR Tarmidzi)
  4. Kekuatan fisik
    " Mukmin yang kuat lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah " (HR Muslim )
    Ada cerita tadi ustadnya , bahwa nabi menyembelih 63 sapi hanya seorang saja dan saat perang badar Nabi mengendarai kuda saat beranjak umur 55 tahun . Tadi kata pak ustadnya .
  5. Cerdas Inteaktual , nah selain fisik , tentunya lah kita harus cerdas secara intelektual . kalo cuma ngandelin fisik aja apalah guna kita nantinya.
  6. Berjuang melawan hawa nafsu
    "sesungguhnya orang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya dari marah" (HR Al Bukhori dan Muslim )
  7. Efisiensi waktu
    " dua nikmat yang orang banyak tertipu : sehat dan waktu luang " (HR Al Bukhori) , nah masalah ini , hady agak suka . Hady rasa emang kita harus benar-benar mengisi waktuluang dengan yang bermanfaat terutama bagi kita dan orang lain .
  8. Disiplin , terutama disiplin waktu . Kaya hady , kekampus pelajaran mulai jam 8.40 datang jam 7 pagi . Kan bagus tuh :D hahahaha
  9. Mandiri
  10. Bermanfaat bagi orang lain , nih poin sepuluh bagus, jang pula memanfaatkan orang lain . jadilah orang yang bermanfaat ya sobat all4free.
Sesi pertanyaan :
Pertanyaan 
  1. Bagaimana agar generasi muda berbahasa yang masih sejalan dengan akidah islam?
  2. Cara menerapkan karakter mandiri kepada orang yang manja?
Jawaban
  1. Sebelum islam , ada beberapa agama dan berbagai bahasa juga . Jadi kita umat islam tinggal mengerti dan memahami arti-arti dari bahasa tersebut . Makanya dari itu , sekarang adalah masalah individunya lagi , bukan masalah bahasanya yang ada sekarang.
    ex : dalam keseharian ada ucapan "salam sejahtera" , nah dulu dalam zaman nabi , ucapan salam itu dipakai umat islam kepada bangsa yahudi . Karena umat islam dilarang mengucapkan salam "Assalamu'alaikum" kepada umat yahudi.
  2. Diambil contoh ya , di barat , anak-anak kecil sana tidak menanamkan sifat manja waktu kecil , jika ada anak yang jatuh . Mereka langsung menyuruhnya berdiri , berbeda dengan Indonesia , yang kalo anaknya jatuh saja langsung di manja-manja . Jadi hingga dewasa akan terbawa sifat manjanya . Salah satu caranya adalah dengan menggembleng atau disatukan ke teman-temannya yang memiliki sifat mandiri , walau akan susah , tapi dengan sejalannya waktu pasti anak yang manja akan menjadi mandiri .

Seorang muslim akan kuat imannya saat bersama atau berjamaah , jika mereka sendirian maka turunlah imannya

 Nah selain itu ada sesi diskusi buku tadi , bukunya berjudul "Sukses Kuliah dengan 7 Jurus Jitu" . Tapi hanya diterangkan beberapa aja , tapi hady gak penasan ah , udah dapet beberapa tips aja jadi dari sesi ini . Walau gak beli bukunya . hahahahai #anak kos harus irit. Nih materinya ya.

Ada 3 orang tipe manusia :

  1. Memilih sukses
  2. Ingin sukses
  3. Berkomitmen sukses
Nah , hady jelasi langsung ya , Orang yang memilih sukses , tidak akan bisa sukses , kenapa ??? ya karena dia hanya memilih dari beberapa pilihan , kedua adalah orang yang ingin sukses , sama aja , orang ini tidak akan sukses , karena ketika orang ini menginginkan kesuksesan , maka disetiap katanya akan ada kata "seandainya" , contoh adalah aku ingin jadi pilot seandainya ......... Sep , yang ketiga ini baru benar , berkomitmen sukses . Orang-orang inilah yang akan benar-benar sukses , karena orang ini akan melalui rintangan apapun untuk menggapai kesuksesannya.

Percepat suskses kuliah
Yo disini lah intinya , dan disini cuma jelasin beberapa aja . Yasudah gak kecewa kok , yang penting dapet tips nya . Yok lanjut baca .
  1. Motivasi , sebelum motivasi ada namanya kekuatan dorongan , semakin kuat kita dapat dorongan untuk sukses , semakin kuat motivasi kita untuk menyelesaikan kuliah.
  2. Aset , Allah telah memberikan aset terbesar yaitu aset otak . Nah disini kita haruslah memaksimalkan aset tersebut , bagaimana caranya ??? berikut ada dibawah :
    - meningkatkan daya ingat , cari aja caranya ma sobat all4free ya , hady tak tau do.
    - puasa , nah ternyata puasa bisa menjernihkan otak loh.
    - merawat otak , heh ini lagi , mungkin merawat otak kayak di jauhkan dengan hal-hal negatif.
    - di isi dengan ilmu , wah ini sudah pasti dunk . Banyak-banyak membaca jelasnya .
  3. Mimpi , orang yang tidak memiliki impian mereka hanya akan menjadi orang yang selalu ikut-ikutan saja . Karena mereka gak tau apa yang mereka impikan
  4. Habits , adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga ia menjadi bagian dari hidup kita, dengan kata lain habits adalah kebiasaan – kebiasaan kita! Habits adalah gabungan practice(praktek) dan repetition (pengulangan). Semakin sobat all4free pupuk habits maka semakin Expert (ahli) dirimu dalam suatu hal. #bahasanya sudah ngeri
  5. Doa , pasti donk , namanya juga mau sukses . 
Segitulah materi yang dijelasin sama pembicara saat diskusi buku , sekian juga hady postingan kali ini . Tunggu lagi ilmu-ilmu yang akan hady share dari kegiatan seminar yang hady ikuti . 

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang positif , jangan saling menjatuhkan karena tidak ada gunanya . Terimakasih telah berkunjung ke blog saya . Jika menurut anda kurang bagus , mohon dimaafkan . Karena saya bukanlah manusia sempurna yang bisa buat suatu hal yang sempurna juga.

Thanks For You

Hady Eka Saputra