Pages

Ads 468x60px

Minggu, 22 September 2013

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

  1. Jaringan LAN (Lokal Area Network)
    Adalah sebuah jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam wilayah yang kecil/sempit. Contohnya seperti warnet , labor komputer pada sekolah , atau dalam kantor-kantor. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur.
    Karakteristik jaringan lan ,
    (a) Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
    (b) Akses data lebih cepat, tapi tergantung dengan tipe kabel yang digunakan untuk menghubungkan.
    (c) Menghubungkan 2 atau lebih komputer , yang salah satu komputer menjadi sebuah server.
    (d) Biasa digunakan untuk sumber daya yang sama , seperti printer .
  2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
    Adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Contohnya adalah jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota , antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Jangkauan dari MAN ini adalah antar 10 hingga 50 km.
  3. Jaringan WAN (Wide Area Network)
    WAN adalah jaringan komputer dengan jangkauan area geografi yang paling luas, antar negara, antar benua bahkan keluar angkasa (sebagai contoh jaringan internet yang menggunakan sistem koneksi satelit). Digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
  4. Jaringan Wireless
    Jaringan Wireless atau Nirkabel adalah jaringan yang menghubungkan beberapa perangkat tanpa menggunakan media kabel , biasanya dengan menggunakan gelombang radio,gelombang mikro,  aupun cahaya infra merah. Jaringan Nirkabel ini biasa dikenal dengan istilah Wi-Fi . "Wi-Fi" adalah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang memakai keluarga standar  EEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh memakai nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED".Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
    802.11a dengan kecepatan 54 Mb/s di frekuensi 5 GHz
    802.11b dengan kecepatan 11 Mb/s di frekuensi 2,4 GHz
    802.11g dengan kecepatan 54 Mb/s di frekuensi 2,4 GHz
    802.11n dengan kecepatan 100 Mb/s atau lebih di frekuensi 2,4 dan/atau 5 GHz
  5. Jaringan Peer to Peer
    Peer to Peer (P2P) adalah jaringan yang terdiri atas 2 komputer jaringan atau lebih yang menggunakan jenis program yang sama dan saling berkomunikasi dan berbagi data . Jaringan P2P hampir sama denga jaringan LAN cuma, pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  6. Jaringan Client - Server
    Jaringan Client Server menghubungkan komputer server dengan beberapa komputer client/workstation . Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

    Sebetulnya masih banyak lagi jenis-jenis jaringan yaitu di antaranya (sisa dari yang udah dijelasin di atas) adalah PAN (Personal Area Network),NAN (Neighborhood Area Network) ,CAN (Campus Area Network),GAN (Global Area Network),RAN (Regional Area Network) dan SAN (Storage Area Network). Cuma jenis-jenis jaringan tersebut jarang untuk di pelajari.

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang positif , jangan saling menjatuhkan karena tidak ada gunanya . Terimakasih telah berkunjung ke blog saya . Jika menurut anda kurang bagus , mohon dimaafkan . Karena saya bukanlah manusia sempurna yang bisa buat suatu hal yang sempurna juga.

Thanks For You

Hady Eka Saputra