Pages

Ads 468x60px

Senin, 04 November 2013

Pengenalan Awal : Belajar HTML

Dikutip dari wikipedia ;

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Bagian utama struktur html terdiri atas head dan body.Bagian head berisi keterangan-keterangan mengenai halaman web, seperti title, meta tag,dan lain-lain, serta script program seperti javascript, css , php, xml dan lain-lain. Bagian head ini tidak ditampilkan secara langsung pada halaman web. 

Nah karena kita akan belajar desain web html , sobat all4free tentu perlu menggunakan sebuah software editornya . Untuk kita yang masih pemula (termasuk saya) lebih baik kita menggunakan text editor terlebih dahulu , seperti notpad pada windows atau nodpad++ . Untuk nodpad++ silahkan download di situs resminya , karena berupa software yang gratis . Atau silahkan pakai link alternatif > NOTEPAD++ < . Setelah di download , installah notepad++ tersebut hingga selesai. Untuk memulai membuat file html .
  1. Buka shortcut program notepad++ pada desktop 
  2. Isikanlah kode html html yang akan kita pelajari selanjutnya
  3. setelah itu pilih save
  4. kemudian tentukan foldernya
  5. saat save , jangan lupa ganti extensi txt ke html dengan memilih pilihan "save as type". 
  6. kemudian barulah disave
Ada begitu banyak Tag html yang harus kita pahami , berikut adalah taq-tag yang sudah hady buat menggunakan tabel . Silahkan klik link tagnya untuk mendapat penjelasan lebih lanjut .
aabbracronymaddressappletareaarticleasideaudiobbase
basefontbdibdobigblockquotebodybrbutton canvascaptioncenter
citecodecolcolgroupcommanddatalistdddeldetailsdfndialog
dirdivdldtemembedfieldsetfigcaptionfigurefontfooter
formframeframesetheadheaderh1 - h6hrhtmliiframeimg
inputinskbdkeygenlabellegendlilinkmapmarkmenu
metameternavnoframesnoscriptobjectoloptgroupoptionoutputp
parampreprogressqrprtrubyssampscriptsection
selectsmallsourcespanstrikestrongstylesubsummarysuptable
tbodytdtextareatfootththeadtimetitletrtracktt
uulvarvideowbr

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang positif , jangan saling menjatuhkan karena tidak ada gunanya . Terimakasih telah berkunjung ke blog saya . Jika menurut anda kurang bagus , mohon dimaafkan . Karena saya bukanlah manusia sempurna yang bisa buat suatu hal yang sempurna juga.

Thanks For You

Hady Eka Saputra